Pages

December 24, 2011

Perbedaan Antara Kepribadian dan Karakter

Taukah kamu, tiap kita punya yang namanya temperamen, karakter dan kepribadian. Wah, apa bedanya tuh?


1. Temperamen adalah kombinasi dari sifat-sifat yang kita bawa sejak lahir. Dibagi jadi empat macam yakni Sanguin, Kolerik, Melankolis dan Plegmatis. Tidak ada temperamen yang lebih baik atau lebih buruk dari yang lainnya, semua ada kelemahan dan kelebihannya. Kita harus pintar-pintar untuk mengendalikannya. Kalo
kamu pengen lebih jelasnya or pengen tau temperamen apakah yang kamu punyai, kamu bisa pelajari di buku-buku tentang temperamen atau personality, salah satunya adalah: Personality Plus, atau Temperamen Yang Dikendalikan Roh atau Temperamen yang Diubahkan (Tim La Haye).
2. Karakter adalah kombinasi dari temperamen dan kebiasaan yang kita lakukan. Karakter adalah diri kita yang sebenernya. Karakter yang baik adalah gabungan dari tempeamen yang sudah dikendalikan dengan kebiasaan baik yang kita punya serta latihan-latihan yang kita lakukan. So, membentuk karakter adalah penting!
3. Kepribadian adalah ekspresi yang keluar dari kita, alias wajah kita. Kepribadian kadang memang keluar sebagai manifestasi dari karakter kita yang sebenernya, tapi kadang juga hanya topeng doang, alias boongan. Diri kita sebenernya adalah karakter yang kita punya.

Pengertian Karakter
Karakter secara konsep dapat dibedakan dengan pertumbuhan tetapi antara keduanya adalah satu kesatuan dalam proses individu dalam perubahan sepanjang hidupnya. Karakter juga dapat diartikan proses ynag kekal dan tepat yang menuju kearah yang menunjukan sifat yang khas antara tingkah laku pada tingkatan umur tertentu, yang mempunyai tingkah laku tidak hanya lebih luas tetapi mengandung kemungkinan yang lebih banyak. Karakter dapat diartikan bahwa perubahan-perubahan yang terjadi pada diri manusia secara terus menerus kearah yang lebih maju yang nampak lebih banyak bersifat kualitatif , karena itu berkenann dengan aspek kejiwaan.

Pengertian Kepribadian
Agama islam mamandang kepribadian dengan fitrah. Dengan mengajarkan ajaran Islam dimana Fitrah disini yang telah dikototi oleh lingkungan dan dapat menjadi suci kembali. Sescara etimolgis istilah kepribadian berasal dari bahasa latin yaitu Per dan Sonarae yang kemudan berkembang menjadi persona yang berarti topeng. Kemudian berubah menjadi personality menurut pengertian modern sebagai keseluruhan kualitas tingkah laku dari pribadi seseorang.

Analogi :
Pisau, terbuat dari baja, besi, timah, alumunium, dll. --> ini adalah kepribadian
Pisau yang terbuat dari baja, besi, timah, alumunium, dll tersebut, dibentuk menjadi tajam, setengah tajam, setengah tumpul, atau tumpul banget, bahkan berkarat sama sekali.. --> ini adalah karakter.
makanya, sulit mencari : Pembentukan Pribadi / Personality Building (karena emang udah dari sononya)
yang ada yaitu : Pembentukan Karakter / Character Building (Pembentukan dari sebuah Kepribadian "X" menjadi karakter "A/B/C".
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Diambil dari topic diskusi  Grup “Character Building”

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

;