Pages

December 8, 2011

Definisi Komputer


1.         Pendahuluan
Di era modern seperti sekarang ini komputer merupakan barang yang tidak asing lagi bagi semua orang mulai dari usia anak-anak sampai dengan orang tua dari kelas sosial tinggi sampai kalangan bawah. Hampir setiap bidang pekerjaan manusia pada saat ini seperti, pekerjaan pengolahan data dan pengiriman informasi, kegiatan-kegiatan dibidang bisnis dan keuangan, dunia hiburan atau entertaiment, bidang pendidikan, bidang kesehatan, kegiatan-kegiatan atau pekerjaan di kantor-kantor, perusahaan-perusahaan, instansi/lembaga, sekolah, rumah, dan dimana saja di berbagai bidang sudah menggunakan tenaga komputer. Tidak dapat
dipungkiri bahwa banyak sekali pekerjaan yang sangat tergantung sekali terhadap pemakaian teknologi komputer ini, misalnya dunia perbankan modern yang menggunakan transaksi on-line, Industri atau pabrik modern yang mengontrol setiap proses produksi, tempat pembayaran (kasir) disuper market atau tempat-tempat perbelanjaan modern, dibidang kedokteran misalnya untuk mendiagnosa dan scanning penyakit pasien, penerbangan dan ruang angkasa untuk mengontrol pesawat, berbagai instansi pemerintah maupun swasta dalam mendata atau penyampaian data dan informasi, di dunia bisnis komputer sebagai media promosi dan pengiriman informasi maupun data yang sangat efektif, dan banyak lagi bidang kehidupan lainnya yang sangat tergantung dengan komputer.


Tujuan utama penggunaan komputer tersebut tentunya untuk membantu manusia agar bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjan-pekerjaannya. Pekerjaan-pekerjaan yang dahulu sulit dikerjakan oleh manusia dengan cepat sekarang dapat dilakukan dengan komputer secara cepat dan lebih efisien. Misalnya, untuk menyampaikan informasi/berita, data, surat, uang, dan lain-lain yang dahulu menggunakan jasa pengiriman surat oleh kantor pos atau jasa pengiriman lainnya yang tentunya memakan waktu yang cukup lama, namun sekarang dengan kemajuan teknologi komputer  semua itu dapat dilakukan dalam hitungan beberapa menit saja melalui email atau layanan online lainnya. Komputer juga membantu manusia melakukan pekerjaan-pekerjaan yang susah atau tidak dapat dikerjakan oleh manusia menjadi bisa dikerjakan. 

Beberapa contoh pekerjaan atau kegiatan yang dapat dilakukan lebih cepat dan efisien oleh komputer misalnya, pengiriman surat atau data dengan email yang hanya memakan waktu beberapa menit saja, data dari suatu tempat dapat kita lihat (akses) dari tempat lain tanpa harus datang ketempatnya melalui jaringan internet atau sharing, melakukan pembayaran transaksi penjualan atau bisnis lainnya kita tidak perlu lagi datang langsung ke tempat transaksi atau mengirim uang lewat kantor pos namun bisa dilakukan dengan komputer secara online, menjual suatu produk barang atau jasa tidak perlu lagi sebuah tempat untuk display barang-barang yang akan kita jual namun cukup melalui komputer dan internet saja orang-orang sudah dapat melihat dan membeli produk kita, berkomunikasi dengan seseorang ditempat yang jauh tidak perlu lagi datang ke tempat dimana orang tersebut tinggal namun bisa dilakukan dengan komputer dan internet dan alat pendukung lainnya secara langsung bertatap muka melalui layanan internet seperti jejaring sosial atau media chating lainnya, melalui komputer juga kita dapat mengetahui berbagai hal, peristiwa, berita, dan lain-lain dari seluruh pelosok dunia ini. Dengan bantuan komputer dan internet kini semua orang dibelahan dunia ini bisa saling berhubungan dan berinteraksi secara langsung tanpa terbatas waktu dan tempat.

Komputer bukan hanya berperan penting dalam membantu pekerjaan manusia, namun sekarang-sekarang ini komputer sudah menjadi alat atau media hiburan bagi semua orang dari berbagai kalangan sosial maupun tingkat usia. Dengan semakin banyak berkembangnya game-game di komputer baik yang online maupun ofline menjadikan komputer sebagai media hiburan bagi semua orang tentunya dengan berbagai dampak positif dan negatifnya. Dengan banyaknya permainan game melalui komputer membuat anak-anak lebih mengenal komputer, orang-orang yang dahulunya tidak mengenal komputer kini menjadi lebih mengenal komputer, dan dengan makin banyaknya warung-warung internet membuat orang-orang bisa dengan mudah menggunakan komputer tanpa harus membeli

2.         Definisi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung (to compute atau reckon). Pada masa awalnya komputer memang hanya digunakan untuk membantu manusia dalam hal perhitungan, namun seiring perkembangannya yang cukup pesat komputer dan berbagai piranti pendukungnya pada saat ini bukan lagi sebagai alat hitung semata namun telah menjadi alat bantu manusia dalam membantu setiap aktivitas dan pekerjaannya yang meliputi hampir semua aspek dan bidang kehidupan manusia.

3.         Definisi Komputer Menurut Para Ahli Atau Peneliti
Karena luasnya bidang ilmu komputer, para ahli dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer, namun pada dasarnya memiliki muara arti yang  sama.
Beberapa definisi menurut para ahli dan peneliti :
1.    Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2.    Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
·      menerima input
·      memproses input tadi sesuai dengan programnya
·      menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
·      menyediakan output dalam bentuk informasi
3.    Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
4.    Sedangkan menurut Sanders [4], komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

4.         Definisi Komputer Berdasarkan Beberapa Buku
Berikut ini definisi komputer berdasarkan beberapa buku komputer.
1.    Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
·      Menerima input
·      Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
·      Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
·      Menyediakan output dalam bentuk informasi
2.    Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
3.    Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasiinput digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
4.    Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri), komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
5.    Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis), komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
6.    Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata komputer terdapat dalam penggunaan bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi “orang yang menghitung”, kemudian menjelang 1897 juga didefinisikan untuk mesin yang bisa menghitung.
7.    Oxford English Dictionary (OED2), edisi ke 2, mendefinisaikan Komputer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.
8.    Menurut Wikipedia, ensiklopedia bebas kata komputer dahulu berarti orang yang menghitung.

5.         Definisi Komputer Berdasarkan Bahasa Di Beberapa Negara
Dalam bahasa beberapa Negara komputer didefinisikan sebagai :
1.    Dalam bahasa Perancis misalnya kata komputer, disebut sebagai istilah “ordinateur“, yang berarti “organisator“, atau “memisahkan mesin”.
2.    Di Spanyol disebut  ”ordenador“, dengan arti sama, walaupun di beberapa negara digunakan kata “anglicism computadora”.
3.    Dalam bahasa Itali, komputer ialah “calcolatore“ yang berarti kalkulator.
4.    Dalam bahasa Swedia, komputer disebut “dator” dari kata “data”, yang pada era tahun 1950-an, diberi nama “matematikmaskin” (mesin matematika).
5.    Dalam Bahasa Cina, komputer dipanggil “dian now” atau suatu “otak listrik”.
6.    Dalam Bahasa Inggris modern berkembang menjadi istilah “mesin pengolahan data”.

6.         Kesimpulan
Sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan, karena Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Dari definisi –definisi tersebut di atas terdapat tiga istilah, yaitu input (menerima data), process (pengolahan data), dan output (informasi yang dihasilkan). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama electronic data processing (EDP), sedangkan data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya  yang kemudian diolah (process) menjadi  informasi (output) yang dapat dimengerti oleh manusia. Komputer digunakan juga untuk melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu.
Dari beberapa pendapat tentang definisi komputer seperti tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa komputer adalah seperangkat elektronik yang terdiri dari perangkat input (input devices), perangkat proses (process devices), dan perangkat keluaran (output devices) ditambah dengan perangkat penyimpanan data atau informasi (storage devices).
Input devices berguna untuk menerima masukan (input), dan selanjutnya diolah/diproses (process) oleh process devices untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi.

7.         Penutup
Alhamdulillah akhirnya aku dapat membuat postingan yang pertama di blog aku ini, semoga tulisan aku ini dapat bermanfaat bagi semua pengunjung yang sempat mampir dan membaca postingan di blog aku ini. Tidak terlalu banyak materi atau penjelasan yang dapat saya berikan, namun semoga saja dengan segala keterbatasannya tersebut tulisan ini dapat sedikit membantu sahabat semua yang membutuhkan tulisan atau informasi mengenai definisi komputer. Maklum saja yang menulisnya juga bukan ahli komputer ko,,,, ini mah cuma sekedar berbagi apa yang pernah saya baca atau saya pelajari.
Yang sempat mampir dan baca-baca atau mu “copas” silahkan aja, kasih komentar atau saran-sarannya juga yaa…
Belajar,, belajar,, dan belajar…

No comments:

Post a Comment

;